computer

computer, komputer, apa yang saya pelajari

Hardware Komputer

Selanjutnya yang sering disebut perangkat keras. Secara singkat hardware adalah komponen komputer yang berwujud fisik dapat dilihat, dan merupakan suatu benda. Dan merupakan ragkaian elektronik. Hardware pada komputer mempunyai jenis fungsi yang berbeda-beda. Semua hardware yang digunakan pada sistem komputer terhubung menjadi sebuah sistem yang bekerja sama untuk menjalankan suatu perintah dari user (pengguna). Hardware sendiri dapat dibagi menjadi beberapa bagian.

  1. Input
  2. Process
  3. Output

Hardware komputer digolongkan menjadi input, process, dan output sendiri dikarenakan atas fungsi dari masing-masing hardware tersebut. Dalam beberapa hal dalam hardware komputer juga ada yang dikenal sebagai hardware peripheral. Hardware peripheral merupakan hardware tambahan yang digunakan pada komputer. Atau dapat juga dikatakan sebagai hardware yang terhubung dengan mainboard. Seperti mouse, printer, monitor dll.

Input device:

Input device adalah hardware pada komputer yang berguna untuk memasukkan data / perintah ke dalam komputer yang nantinya inputan ini akan diproses pada processor untuk kemudian diteruskan menjadi output / hasil pekerjaan yang sudah diproses. Contoh dari input device adalah mouse, keyboard, scanner, mic, kamera, dll. Data yang masuk bisa berasal dari audio, video, audio video, optic, ataupun kode. Di dalam sistem komputer, signal input berupa data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintanance input berupa progam yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Dengan demikian, alat input selain digunakan untuk memasukkan data juga untuk memasukkan progam.

Process:

Sama seperti namanya process di sini adalah peralatan yang mendukung kegiatan untuk memproses data yang diinput pada komputer. Process sendiri merupakan kegiatan komputer untuk memproses data yang diberikan pada / melalui input device agar menjadi output / keluaran / hasil dari pekerjaan yang dilakukan. Dalam process sendiri lebih spesifik lagi ke processor. Dalam komponen komputer yang bertugas sebagai device pemroses data adalah processor sebagai otak utama dari sebuah komputer. Sebetulnya motherboard sendiri merupakan process device. Semua komponen dalam motherboard mepunyai masing-masing fungsi dalam memprocess data.

Output device:

Merupakan hardware komputer yang digunakan untuk melihat / dapat juga dikatakan menghasilkan pekerjaan yang merupakan hasil pengolahan data / masukan pada komputer. Contoh dari output device adalah monitor, printer, speaker. Output yang dihasilkan dapat digolongkan menjadi 4 bentuk yaitu tulisan (huruf, angka, simbol). Image (dalam bentuk grafik / video), suara, dan bentuk lain yang dapat dibaca oleh mesin (machine-readable). 3 golongan pertama adalah golongan yang langsung dapat digunakan oleh manusia, sementara golongan terakhir  biasanya digunakan sebagai input untuk proses selanjutnya dari komputer.

 

 

 

Filed under: hardware, , , , , , , , , , , , , , , ,

One Response

  1. yosha says:

    yosha 7b,,,,,,,,,,,,,,,,,,, (:

tinggalkan sebuah saran komentar kritik

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Video Perakitan Komputer

%d bloggers like this: