computer

computer, komputer, apa yang saya pelajari

Pengenalan Komputer

Organisasi Komputer

Komputer, berasal dari kata to compute yang berarti sebagai alat penghitung. Tetapi dalam perkembangannya fingsi komputer sudah meluas dan bukan hanya sebagai alat penghitung. Komputer dapat dikatakan sebagai suatu alat pengolah data digital yang sangat berguna untuk meringankan ataupun mengembangkan pekerjaan manusia. Komputer dapat juga diartikan sebagai seperangkat alat elektronik yang bekerja secara terpadu menjai suatu sistem untuk menerima masukan (input), menyimpan, mengolah data (proses) dan menghasilkan output.  Dalam perkembangannya sendiri komputer menjadi suatu alat yang mungkin bisa dibilang wajib untuk dimiliki untuk meringankan pekerjaan. Dan bukan hanya sebagai alat penghitung, fungsi komputer sangat meluas seperti untuk memainkan sebuah game, melihat video, memainkan mp3, menggambar 2 dimensi maupun 3 dimensi dan masih banyak lagi kegunaan sebuah komputer. Sebuah alat penghitung mungkin adalah fungsi dasar komputer, seperti di atas tadi mungkin dapat dikatakan bahwa komputer adalah sebagai pengolah data digital yang nanti akan ditampilkan / dikeluarkan menjadi sebuah output (hasil dari data yang diinput kemudian diproses oleh komputer). Cara kerja pada sebuah komputer secara sederhana dapat digambarkan dalam diagram blok seperti di bawah.

Secara umum masing-masing blok dapat kita terangkan sebagai berikut:

 

Input device:

Input device adalah hardware pada komputer yang berguna untuk memasukkan data / perintah ke dalam komputer yang nantinya inputan ini akan diproses pada processor untuk kemudian diteruskan menjadi output / hasil pekerjaan yang sudah diproses. Contoh dari inpute device adalah mouse, keyboard, scanner, mic, kamera.

Output device:

Merupakan hardware komputer yang digunakan untuk melihat / dapat juga dikatakan menghasilkan pekerjaan yang merupakan hasil pengolahan data / masukan pada komputer. Contoh dari output device adalah monitor, printer, speaker.

I/O ports:

I/O ports merupakan bagian daripada motherboard yang berguna untuk memasukkan maupun mengeluarkan data input maupun output. Semua peralatan input dan output device terhubung dengan I/O ports. I/O ports memasukkan data yang akan diproses oleh komputer (dalam hal ini secara keseluruhan adalah motherboard). Setelah data diproses pada sistem motherboard, hasil olahan data tersebut dikeluarkan melalui I/O ports port juga dengan output device.

Central Processing Unit

 

Central processing unit (CPU) atau yang lebih sering disebut sebagai processor. Merupakan otak dari komputer yang berfungsi untuk mengolah data pada. CPU memiliki 2 bagian fungsi operasional yaitu Arithmetical Logical Unit (ALU) sebagai pusat pengolah data serta bagian Control Unit (CU) yang digunakan untuk mengontrol kerja sebuah komputer.

Memory:

Terdiri atas internal memory dan external memory. Memory sendiri merupakan hardware yang digunakan untuk menyimpan data yang diolah pada komputer baik bersifat sementara maupun permanen. Internal memory yaitu RAM, ROM, external memory yaitu harddisk, floppy disk, optical disk.

Data Bus

 

Data bus adalah jalur-jalur perpindahan data antarmodul dalam sistem komputer. Biasanya terdiri dari 8, 16 , 32 atau 64 jalur data yang paralel. Karena pada suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat. Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional, misalnya  CPU dapat membaca dari memory atau port dan dapat juga mengirim ke memory atau port.

Address Bus

 

Address Bus digunakan  untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini CPU akan mengirimkan alamat memory yang akan ditulis atau dibaca. Address Bus biasanya terdiri atas 16,  20, 24  atau 32 jalur paralel. Lebar Address Bus menentukan kapasitas memory maksimum sistem.  Sebagai contoh bila CPU mempunyai Address Bus 20 bit maka CPU dapat mengalamatkan 220 atau 1048576 alamat (1 MB).

Control Bus

 

Control Bus digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan Address Bus.  Control Bus terdiri dari 4 sampai 10 jalur paralel. CPU akan mengirimkan sinyal pada control bus ini bila akan meng-enable sebuah alamat yang ditunjuk, baik itu memory atau I/O port.

Secara sederhana sistem komputer dapat digambarkan seperti gambar di bawah:

 

 

Note: ini hanyalah tulisan yang saya pelajari dari berbagai sumber dan saya kembangkan sendiri menurut bahasa saya sendiri. Apabila ada kekurangan, kesalahan, dan kata-kata yang mungkin menyinggung anda. Saya memohon maaf. Terima kasih…

 

sumber: buku ajar SMK

gambar: mynameisdicka.com

Filed under: Komputer, , , , , , , , , , , , , , , ,

tinggalkan sebuah saran komentar kritik

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Video Perakitan Komputer

%d bloggers like this: